Serang - Dispora Provinsi Banten kembali menyelenggarakan Sarasehan Pemuda Banten yang dikemas dalam kegiatan Revitalisasi Kelembagaan Pemuda Provinsi Banten tahun 2022.
Kegiatan dilaksanakan secara simultan di kabupaten/kota se-provinsi Banten dari tanggal 9 sampai 12 Maret dengan mengikutsertakan organisasi kepemudaan di Provinsi Banten di antaranya KNPI, Karang Taruna, Forum Kewirausahaan Pemuda, Pramuka, Forum OSIS, dan BEM se-Banten. Pada pembukaan kegiatan hari pertama untuk wilayah Kota Serang yang dilaksanakan di Aula IAIB Banten (9/3/2022) hadir sebagai pembicara antara lain Asisten Pemerintahan Setda Provinsi Banten, Ketua Komisi V DPRD provinsi Banten, Ketua Karang Taruna Provinsi Banten, dan unsur Dispora Provinsi Banten.  (9/03/2022)
Dalam paparan ASDA I disampaikan bahwa pemuda adalah harapan bangsa di masa kini dan di masa yang akan datang. Untuk mewujudkannya, para pemuda harus menjadi generasi yang berkarakter. Hal tersebut sangat penting dan harus dimulai sejak dini. Sebab, dalam diri pemuda tersimpan potensi besar yang bisa menjadi kekuatan jika terus dikembangkan dengan baik.
Beberapa potensi tersebut, lanjut H. Septo Kalnadi, adalah pantang menyerah, tidak ragu-ragu, dan konsisten. Kembangkanlah potensi-potensi yang dimiliki untuk modal membangun keterampilan. Beranilah tampil percaya diri, jangan takut salah, dan takut gagal.


Sementara itu, Ketua Komisi V DPRD Banten Dr. Yeremia Mendrofa, ST, MBA menguji keberanian peserta dengan memberikan tantangan untuk maju ke depan menyampaikan pertanyaan dan pendapatnya. Salah seorang peserta putri langsung merespon. Mantap, ia mengangkat tangan, meraih mikrofon, dan dengan lantang menyampaikan pertanyaannya.
Selanjutnya Yeremia Mendrofa berpesan agar para pelajar tetap rajin dalam menuntut ilmu pengetahuan dan tetap konsisten menyelaraskan intelektualitas dengan Pancasila sehingga akan muncul manusia Indonesia yang mampu menjawab berbagai masalah bangsa. Pemuda bisa berkontribusi terhadap dirinya dan juga terhadap lingkungan.
Narasumber lain yang akan menjadi pemateri di kegiatan ini adalah KNPI Banten, Tokoh pemuda, birokrat, dan praktisi pendidikan.