Serang - Keolahragaan Nasional ditujukan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan nilai moral dan akhlak mulia, sportivitas, disiplin, mempererat dan membina persatuan dan kesatuan, memperkukuh ketahanan nasional, serta mengangkat harkat, martabat dan kehormatan bangsa.

Untuk mencapai prestasi dalam bidang olahraga diperlukan proses pembinaan yang sistemik, terencana, teratur, dan berkesinambungan. Oleh karena itu pola pembinaan olahraga khusus bagi atlet pelajar mengacu pada pola bangunan piramida, yaitu mulai tahap pemassalan, pembibitan untuk mencapai prestasi puncak.

Menurut Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Agus Setiawan sekaligu Kepala Seksi SDM Keolahragaan Dinas Kepmudaan dan Olahraga Provinsi Banten Kegiatan Kejuaraan Pencak Silat Antar Paguron se Provinsi Banten Tahun 2017 dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi antar Paguron Pencak Silat serta sebagai evaluasi pembinaan paguron pencak silat Provinsi Banten. Pelaksanaan Kejuaraan Pencak Silat Antar Paguron se Provinsi Banten Tahun 2017 di laksanakan pada tanggal 27 s.d 30 November 217 di Kota Serang ( GOR Korem 064 Maulana Yusuf

Kejuaraan Pencak Silat Antar Paguron se Provinsi Banten Tahun 2017, mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Pembinaan olahraga Pencak Silat antar Paguron di Provinsi Banten dan Menunjang pembinaan olahraga nasional;
  2. Ajang evaluasi pembinaan olahraga Pencak Silat antar Paguron se Provinsi Banten ;
  3. Penjaringan bibit olahragawan muda yang potensial;
  4. Meningkatkan persahabatan, persatuan dan kesatuan khususnya antar Paguruan Pencak Silat se Provinsi Banten

Adapun hasil dari Kegiatan Kejuaraan Pencak Silat Antar Paguron se Provinsi Banten Tahun 2017, diperoleh hasil sbb : Kejuaraan Kejuaraan Pencak Silat Antar Paguron se Provinsi Banten r se-Provinsi Banten diikuti  210 Orang/Atlet dari Paguron Pencak Silat se Provinsi Banten Pada Pelaksanaan Kejuaraan Pencak Silat Antar Paguron se Provinsi Banten Tahun 2017, Keluar sebagai Juara Umum I adalah Paguruon Tapak Suci;Juara Umum II adalah Paguron Satria Muda; Juara Umum III adalah Paguron Persinas Arsad.