Serang – Event olahraga yang ditunggu oleh para atlit yang berasal dari perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta yaitu Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Kemahasiswaan melalui organisasi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI). Pada tahun ini, POMNas 2017 diselenggarakan di Provinsi Sulawesi Selatan dengan mempertandingkan 14 cabang olahraga yaitu : Atletik, Renang, Bola Basket, Bola Voli Indoor, Bulutangkis, Catur, Futsal, Karate, Kempo, Pencak Silat, Petanque, Renang, Sepak Takraw, Tarung Derajat, dan Tenis Lapangan. Untuk pertandingan eksebisi 2 cabang olahraga yaitu Selam dan Gateball.

Dengan berkumpulnya perguruan tinggi yang ada di Indonesia menjadi ajang silaturahmi nasional yang dibangun dan usaha untuk bersatu dalam keBhinekaan dan keberagaman menjadi satu bangsa yang besar," tambahnya didampingi Kepala Biro Humas dan Hukum Amar Ahmad. Dalam pembukaan Sebelumnya Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Intan Ahmad ucapkan terima kasih karena di Sulawesi Selatan dalam satu tahun telah menyelenggarakan tiga even nasional Harteknas, Pimnas dan Pomnas 2017 hal ini melambangkan kepercayaan atas gubernurnya. "Pomnas adalah rutin dilaksanakan 2 tahun sekali sebagai momentum meningkatkan prestasi olahraga Indonesia, para atlet dari mahasiswa juga telah memberikan prestasinya diajang internasional untuk mengharumkan nama bangsa," ucap Intan.

Menurutnya Pomnas juga sebagai wahana pembentukan karakter dan meningkatkan sportivitas dan semangat juang, jiwa kompetitif dan jiwa pemenang juga membentuk dan rasa persaudaraan dan membangun soliditas antar komponen bangsa sekaligus menjaga NKRI, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Event olahraga bergengsi tingkat Mahasiswa yang diadakan sekali dalam dua tahun ini memperebutkan 1394 medali yang terdiri dari 411 emas, 413 perak, dan 570 perunggu. Peserta berasal dari 34 provinsi dari seluruh Indonesia dimana provinsi/daerah tersebut telah memiliki Badan Pembina Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) terdiri dari 3680 orang Mahasiswa akan bertanding hingga 21 Oktober 2017