Serang, 31 Maret 2018, Dinas Kepemudaan dan Olahraga menyelenggaran Kegiatan Festival Pencak Silat Tahun 2018 bertempat di halaman Museum Banten, Jalan KH Brigjen Samun No.5, Kota Serang.

Festival Pencak Silat Tahun 2018 dibuka Oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, H. Deden Apriandhi, S.STP. M.Si, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Banten, akan secara konsisten dan mendukung penuh kegiatan Pencak Silat, dan perlu diadakannya kerjasama antara Pemerintah dan Peguron yang ada di Provinsi Banten. Festival melibatkan 24 group yang terdiri dari 5 orang dalam setiap group. Group terdiri dari putra keseluruhan, putri keseluruhan atau campuran putra dan putri.

Festival Pencak Silat Tahun 2018 dihadiri oleh H. Aeng Haerudin (Dewan Provinsi Banten), Ajat Sudrajat (Ketua IPSI Banten), H. Rumiah (Ketua Koni Provinsi Banten), dan  Muspida di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.

Peserta festival ini berasal dari hasil seleksi Dispora dan IPSI Kabupaten dan Kota se-Banten. Para peserta yang mengikuti festival pencak silat ini merupakan peserta putra dan putri. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Banten menyebutkan, festival ini memperebutkan Piala Gubernur Banten dan uang pembinaan. Selain itu dalam event ini akan menghadirkan 1.000 Pendekar dari berbagai Peguron yang ada di Banten. festival ini mempertandingkan gerakan seni pencak silat tradisional budaya beregu.