DISPORA, BANTEN – Pemerintah Provinsi Banten, Dinas Kepemudaan dan Olahraga melepas sebanyak 38 Atlet dan Panitia pada Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Tahun 2018, yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi pada 5 hingga 9 Juli 2018. Kegiatan ini dilangsungkan di Lapangan Kantor Gubernur Jambi.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Banten, H. Deden Apriandhi,S.STP, mengatakan bahwa kontingen Banten siap untuk berlaga pada Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Tahun 2018, yang akan berlaga dengan 23 Provinsi Lainnya.

Festival olahraga tradisional ini sifatnya adalah menggali olahraga masyarakat yang sudah tergerus oleh zaman. Untuk itu diperlukan upaya untuk melestarikan olahraga asli daerahnya masing – masing. Sebelum melaksanakan festival ini, Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga, Drs, Junaedi, MM mengatakan bahwa telah menyeleksi dari 8 kabupaten kota se-provinsi Banten. Hasilnya terpilih adalah Kabupaten Lebak.

Kepala Seksi Olahraga Rekreasi dan Industri Olahraga, Ibu H. Yoyoh Juhaeriah, S.Pd, M.Si, mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan ruang gerak untuk anak – anak muda, khususnya dalam pengembangan olahraga asli daerahnya. Dan dalam menentukan olahraga tradisional ini dilihat dari mana yang terbaik dan lebih mendekati dari nilai olahraganya daripada unsur seninya. Yakni lebih banyak menggunakan otot besar dan konsentrasi yang tinggi.

Ibu Kasi pun meminta para atlet banten menunjukkan sportivitas dalam bertanding. Menang kalah bukan tujuan dari kegiatan ini. Tapi, bagaimana berinteraksi satu sama lain dalam berbangsa dan bernegara.