SERANG – DISPORA, Program Sepeda Nusantara 2018 sudah di mulai Di Provinsi Banten, tepatnya di Alun-barat, Kota Serang, Minggu (12/08/2018).

Acara diawali dengan melakukan senam bersama dan dilanjutkan dengan pengibaran bendera start tanda di mulainya sepeda Nusantara 2018 yang dhadiri oleh Gubernur Banten Wahidin Halim didampingi Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy.

“Sepeda Nusantara ini program yang sudah di lakukan di 34 Provinsi termasuk di Banten, ini membuktikan dengan bersepeda Nusantara ini tidak secara pribadi tapi dilakukan secara bersama-sama untuk menjalin persatuan diantara kita. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan RI Jenderal (Purn) TNI Wiranto menegaskan bahwa Sepeda Nusantara 2018 bukan semata bersepeda tetapi dibalik itu ada kebersamaan dan persatuan sebagai bangsa Indonesia.

Sepeda Nusantara 2018 adalah Kegiatan Kementerian Pemuda & Olahraga Republik Indonesia,dan untuk melaksanakan kegiatanya telah membentuk panitia Nasional. Selanjutnya KEMENPORA menunjuk Pemerintah Kabupaten/Kota dan bekerjasama dengan Panitia Nasional untuk membentuk Panitia Pelaksana Daerah, untuk masing-masing spot event. (34 Provinsi / 137 kabupaten/kota).

Sepeda Nusantara 2018 ini juga menjadi program kegiatan olahraga yang secara langsung menyentuh dan mengajak masyarakat untuk berolahraga demi mencapai budaya hidup yang sehat. Sebagaimana tagline Kemenpora RI, “Ayo Olahraga”.

Peserta bersepeda selain akan diikuti oleh pecinta olahraga sepeda berbasis komunitas, juga menghadirkan peran serta seluruh lapisan masarakat; Menteri Kabinet Kerja, Gubernur, Bupati, Walikota, DPRD, DPD, Tokoh Masyarakat, Pengusaha dll. untuk bersama -sama memeriahkan acara bersepeda ini.

Sepeda Nusantara di Setiap spot event akan menempuh jarak 10-15 kilometer melewati site-site budaya / Ikon Kota. Hiburan dan doorprize dengan berbagai hadiah-hadiah, khususnya dengan “Lucky Draw Ratusan Sepeda”. Acara juga akan dimeriahkan dengan games dan berbagai kemeriahan tampilan: Band / Artis Nasional, olahraga tradisional, ekstrim sport, pentas seni budaya setempat dll.

Dalam sambutannya Gubernur Banten, Bpk. Drs. H. Wahidin Halim, mengatakan Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian acara HUT RI ke – 73 dan dalam rangka menyambut Asian Games 2018. Sebelum melepas peserta Sepeda Nusantara 2018, NKRI harga mati. “ Ada peran ulama, umaro, tokoh masyarakat serta para pejuang berjuang demi kemerdekaan Indonesia, oleh karena itu harus kita jaga persatuan, keutuhan, jaga Republik Indonesia secara bersama – sama dan tentunya jaga harmonisasi antar suku dan umat beragama.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan, dengan diadakannya Sepeda Nusantara 2018 di Provinsi Banten dapat mensosialisasikan pentingnya Olahraga untuk masyarakat. Dengan ditunjuknya Banten sebagai tuan rumah, kita jadikan ini sebagai momentum untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Masyarakat Banten harus turut andil dalam menyukseskan ajang Asian Games 2018.

Kepala BPOM Banten dalam sambutannya di panggung acara Sepeda Nusantara 2018 dimana BPOM Serang menjadi salah satu pengisi acaranya, Kepala BPOM Serang mengatakan, sejalan dengan restrukturisasi organisasi BPOM RI dan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan, peran serta BPOM RI ditetapkan secara lebih nyata pada rancangan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 melalui kegiatan prioritas nasional “Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan.

Didalam rangkaian sepeda nusantara tahun 2018 turut rangkaian penandatangan gerakan Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan oleh masyarakat Banten, turut menandatangani bersama Wagub, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah dan Plh Sekda Banten Ino S Rawita. Ketiganya bersama Gubernur Banten Wahidin Halim baru saja mendampingi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto membuka acara Sepeda Nusantara 2018 yang digelar Kementerian Polhukam di Kota Serang.