SERANG – DISPORA, Bertempat Di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota serang. Pemerintah Provinsi Banten menyelenggarakan beberapa kegiatan seperti Jalan Santai Bersama Gubernur Banten.

Kegiatan Jalan Santai diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari Pegawai Kabupaten/Kota Se-provinsi Banten, OPD Banten, FORKOMINDA, Instansi Vertikal, Mahasiswa dan Pelajar Provinsi Banten.

Kegiatan Jalan Santai dimeriahkan pula dengan berbagai hiburan lain diantaranya Permainan Tradisional yang leading sektor Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Banten. Pada Permainan Tradisional terdiri dari  Engrang, Terompah Panjang, Hadang dan Dagongan. Secara bersamaan ada juga Mancing Bersama, berbagai lomba serta pembagian Door Prize dan Big Prize.

Dalam kesempatannya Gubernur berharap, danau KP3B menjadi tempat arena rekreasi bagi ASN, sekaligus area konservasi dan dapat dimanfaatkan sebagai ruang publik. Tentu saja perlu dijaga kebersihan area tersebut agar ada harmonisasi antara aparatur yang ada dengan fasilitas ruang publik yang sangat memadai. Kedepan, lanjutnya, area tersebut akan dikembangkan sebagai kawasan perkantoran yang di dalamnya ada suasana lingkungan.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengungkapkan, kegiatan Jalan Santai hari ini berjalan dengan sangat lancar karena besarnya antusiasme dari seluruh peserta yang terlibat, suasana hangat, ceria dan kebersamaan yang dirasakan sangat besar. Wagub berharap hal ini menjadikan hubungan masyarakat dengan pemerintah semakin harmonis, sehingga dapat membangun Banten bersama dengan lebih baik.

Kepala dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) provinsi Banten, Deden Apriandhi Hartawan mengungkapkan, kegiatan olahraga rekreasi masyarakat ini sengaja digelar untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Kami juga menginginkan kawasan Sport Center ini gaungnya bisa lebih dikenal lagi di masyarakat. Mungkin saat ini warga Banten belum tau kawasan ini mau dibuat apa. Melalui kegiatan ini diharapkan mengenalkan ke masyarakat bahwa akan ada Sport Center bertaraf internasional di sini.

Dinas Kepemudaan dan Olahraga selaku leader sektor yang ditunjukan untuk menjadi panitia dalam perlombaan olahraga tradisional masyarakat bekerjasama dengan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Provinsi Banten, mendukung sepenuhnya acara jalan sehat bersama ini.

Adapun kegiatan olahraga tradisional ini yang menjadi wasit dan juri berasal dari Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Banten, dengan menunjuk Formi Kabupaten Lebak yang menjadi panitianya. Diungkapkan oleh Ketua Formi Kabupaten Lebak bahwa keterlibatan pemerintah dalam upaya turut mengembangkan aktivitas olahraga massal ini adalah dengan memberi variasi kegiatan lainnya sebagai perangsang dan menghilangkan kejenuhan. Bentuk kegiatan yang selama ini dikembangkan oleh pemerintah maupun masyarakat adalah berupa : (1) kegiatan lomba dan festival olahraga massal; (2) peningkatan kualitas SDM instruktur; (3) pembinaan olahraga tenaga kerja; (4) tes kebugaran jasmani; (5) penyusunan model latihan kesegaran jasmani; (6) hari tantangan olahraga/challenger day; (7) hubungan dengan organisasi massal dalam dan luar negeri.

Menurut Kepala Seksi Olahraga Rekreasi dan Industri Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Banten, Ibu Hj. Yoyoh Juhaeriah, acara tersebut sekaligus untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun. Dan, beberapa lomba yang dipertandingkan yakni Hadang, Dagongan, Terompah Panjang dan Egrang, Jangan sampai permainan rakyat tersebut hilang bahkan tak dikenal lagi. Maka untuk itu Pemerintah Provinsi Banten akan terus mempertahankannya sehingga bisa tumbuh dan berkembang di kehidupan masyarakat.