Serang – Ribuan pendekar banten berkumpul di alun-alun Barat kota serang (Minggu – 19/11/2017) untuk mengikuti acara Silatuhami Pencak Silat Se-Provinsi Banten. Yang diadakan berkat kerjasama antara Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Banten dan Pemerintah Kota Serang.

Acara Silatuhami Pencak Silat Se-Provinsi Banten dibuka oleh Gubernur Banten Bapak. Wahidin Halim yang diikuti oleh kelompok peselilat pesilat dan peguron-peguron pencak silat se-provinsi banten kurang lebih 5.000 orang. Menurut Gubernur Banten kegiatan ini untuk membantu para pemuda mempunyai aktifitas yang positif dalam berolahraga diantara nya Pencak Silat dan diharapkan dengan kegiatan ini terbebas dari pergaulan yang negatif seperti penyalahgunaan Narkoba,

Atraksi Seni Budaya Debus

Menurut  Kasi Kelembagaan Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Banten Ibu. Leli Nurlaeli pelaksana kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Kota Serang, POLDA Banten dan Relawan-relawan, kegiatan ini untuk membina tali silaturahmi antar peguron se-provinsi banten, karena di provinsi banten banyak pesilat-pesilat yang tradisional antar peguron untuk mempersatuan yang katanya antar satu peguron dengan peguron lainya berbeda teknis atau jurus-jurus. Dengan adanya pertemuan ini maka diharapkan silaturahmi dan kebersamaan ini biar terjalin.

Pelaksanaan kegiatan Silatuhami Pencak Silat Se-Provinsi Banten  ini juga mencetak rekor Muri sebagai tari silat terbanyak dan penampilan seni budaya Debus di Indonesia yang diikuti 3000 orang dari berbagai perguruan yang ada di Provinsi Banten.