Pemerintah Provinsi Banten mengirimkan sebanyak 286 Atlet dan Pelatih, yang terdiri dari 189 Atlet, 59 Pelatih, 19 Official, 19 Pendamping Cabang Olahraga, dan 4 Tenaga Medis.  Banten dengan 19 Cabang Olahraga yang diikuti menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional  (POPNAS) yang ke XIV di Provinsi Jawa Tengah. Pelepasan Pekan Olahraga Pelajar (POPNAS) Ke-XIV bertempat di Pendopo Gubernur Banten Kawasan KP3B dilepas oleh Bapak Gubernur Banten yang diwakili Kepala Bidang Prestasi Olahraga dalam hal ini mewakili Kadispora Provinsi Banten yang berhalangan hadir dikarenakan ada kegiatan lain.

Dalam laporannya Bpk. Drs. H. Saefudin, MM, selaku Kepala Seksi Peningkatan Prestasi dan Pembibitan Olahraga melaporkan bahwa Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) adalah kegiatan olahraga multi event yang merupakan titik kulminasi pembinaan olahraga pelajar di Indonesia. Sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 1989 di DKI Jakarta, kemudian secara rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali, pada tahun 1997 Jawa Tengah pernah menjadi Tuan Rumah Penyelenggaran POPNAS IV. Provinsi Jawa Tengah ditunjuk kembali sebagai Tuan Rumah POPNAS XIV/2017.

Kepala Bidang Prestasi dan Iptek Olahraga, Bapak Djajuli Khasan, M.Si dalam sambutannya menyampaikan perlunya menjaga fisik dan kesehatan para Atlet yang akan berlaga di Event POPNAS. Para Atlet diharapkan menjaga fisik dan stamina agar pada waktu pertandingan terlihat energik dan siap bertanding untuk membawa nama Banten menjadi Juara.

Pada kesempatan lainnya Ibu Hj. Rumiah selaku Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Provinsi Banten mengatakan bahwa para atlet yang ikut dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) dapat bertanding secara maksimal dan dapat mengharumkan nama Banten. Hasil Pertandingan dari Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XIV tahun 2017 dapat dijadikan acuan / gambaran dalam peningkatan prestasi olahraga berikutnya, khususnya dalam Pekan Olahraga Remaja (POR) yang akan dilaksanakan pada tahun 2018.