Kota Serang - Penyelengaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) X Tahun 2022 Tingkat Provinsi Banten secara resmi dibuka oleh Penjabat Gubernur Banten dihadiri oleh unsur  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Banten, Bupati/Walikota se-Provinsi Banten, Pimpinan instansi Vertikal,  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Serang, dan tamu undangan lainnya. (06/6/2022)

Kadispora Banten selaku ketua SC POPDA X Tingkat Provinsi Banten Tahun 2022 menyampaikan laporan bahwa pelaksanaan POPDA X akan diselenggarakan tanggal 6-11 Juni 2022 bertempat di Kota Serang dan diikuti oleh 1.675 orang atlit, 449 orang pelatih, 105 orang official dengan mempertandingkan 19 cabang olahraga (Atletik, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Tinju, Volly Pasir, Volly Indoor, Pencak Silat, Sepak Takraw, Panahan, Bulutangkis, Sepak Bola, Basket, Tae Kwon Do, Gulat, Karate, Renang, Judo, Kempo dan Wushu).

POPDA X akan memperebutkan 353 medali emas, 353, medali perak dan 516 medali perungggu. Lokasi arena pertandingan sebagian besar berada di kota serang seperti Stadion Maulana Yusuf, Gelanggang Remaja Maulana Yusuf, Stadion Mini Ciceri, GOR Alun-Alun, Gedung Aspirasi DPRD Provinsi Banten, GOR KONI Banten, GOR Korem 064 Banten, Kolam Renang Koppasus, GOR PPLP Serang dan GOR Indoor Kabupaten Serang.

Pj. Gubenur Banten dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan POPDA dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk percepatan pembangunan khususnya pada sector olahraga. Olahraga disamping akan menciptakan prestasi, tetapi olahraga juga akan meningkatkan daya tahan tubuh yang baik, maka kita akan bisa mengisi pembangunan di Provinsi Banten ini dalam keaadaan sehat dan terus bisa berkarya dalam bentuk-bentuk yang lain.

Apresiasi diberikan kepada Pemerintah Kabupaten/kota yang telah turut serta berpartisipasi dalam kegiatan POPDA X dengan mengirimkan atlit-atlit pelajar terbaiknya. Selain itu terselenggaranya kegiatan POPDA merupakan bentuk hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat untuk melangkah bersama mencapai prestasi keolahragaan.